Penyegaran Wasit dan Pengawas Pertandingan Futsal 2012

Subang – Pada hari Sabtu, 17 November 2012 berlangsung acara penyegaran perangkat pertandingan oleh bidang SDM PSSI di STIESA, Jalan Otto Iskandardinata nomor 76, Kabupaten Subang. Peserta acara penyegaran adalah wasit dan pengawas pertandingan se Jawa Barat. Adapun tujuan penyegaran ini adalah untuk persiapan menjelang praporda dan porda tahun 2013.

Penyegaran dibuka dengan sambutan dari Alex Suherlan selaku perwakilan Pengcab PSSI Kabupaten Subang dan dari Yuli Suratno selaku perwakilan dari Komisi Penugasan Wasit PSSI. Yuli menyampaikan kebanggaannya atas dua orang pengawas pertandingan dari Jawa Barat yang sekarang berkiprah di futsal profesional, yaitu Ucok dan Ganjar.

Sesi pertama penyegaran dibawakan oleh Yuli Suratno, berlangsung dari pukul 10.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB. Sesi ini menjelaskan amandemen pada peraturan futsal yang ditetapkan oleh AFC. Selain penjelasan teori, Yuli juga menyertakan contoh penerapan peraturan pada kasus riil, termasuk Piala Dunia Futsal yang saat ini tengah berlangsung.

Ternyata wasit pada ajang Piala Dunia Futsal juga bisa melakukan kesalahan. “Wasit Indonesia itu bagus. Bedanya orang-orang luar (yang terlibat pada Piala Dunia Futsal) menghargai dan percaya kepada wasit”, ujar Yuli. Yuli menyatakan kadang pelaku futsal di Indonesia mengharapkan wasit sebagai pihak yang sempurna, padahal wasit juga manusia yang bisa melakukan kesalahan. (cs)

About the author:

. Follow him on Twitter / Facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *