Penyegaran Wasit dan Pengawas Pertandingan Futsal PSSI Jawa Barat Sesi Dua

Subang – Sesi ke-dua kegiatan penyegaran wasit dan pengawas pertandingan futsal dibawakan oleh Junardi Bimantara selaku perwakilan Bidang SDM PSSI. Sesi ini difokuskan kepada peranan pengawas pertandingan dalam kompetisi futsal. “Tugas pengawas pertandingan dimana-mana ya itu-itu saja. Penyegaran ini bertujuan untuk mengingatkan.”, ujar Junardi.

Terdapat enam tugas pengawas pertandingan, alias match commissioner, antara lain: rapat dengan panitia pelaksana, inspeksi hall dan lapangan latihan, inspeksi tempat pertemuan teknik, inspeksi hotel, gladi resik, dan terakhir technical meeting.

Terkait dengan inspeksi hall dan lapangan latihan, terdapat budaya yang berbeda di Indonesia jika dibandingkan dengan di luar negeri. Pelatih di luar negeri umumnya  sangat peduli dengan lapangan latihan, dimana pertama kali mereka menanyakan jadwal dan lokasi lapangan latihan. Junardi menyatakan kalau pelatih di Indonesia lebih mementingkan jadwal mencoba lapangan pertandingan.

Pada pelaksanaannya, tugas inspeksi hotel dan gladi resik jarang dilaksanakan. Inspeksi hotel kadang terkendala privasi, sedangkan gladi resik jarang dilakukan karena cenderung mempercayakan kepada panitia pelaksana.

Junardi menegaskan kalau pengawas pertandingan memikul beban yang berat, karena kelancaran pertandingan berada di pundak mereka. Pengawas pertandingan adalah perpanjangan dari otoritas, yaitu badan PSSI sendiri sebagai organisasi resmi yang menaungi olahraga futsal di Indonesia. (cs)

About the author:

. Follow him on Twitter / Facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *