Sertifikasi Pelatih Level 1 Nasional BFN

Berkembangnya klub-klub futsal di Indonesia tentunya perlu dibarengi dengan peningkatan kualitas pelatih futsal. Menimbang hal tersebut, BFN mengadakan program sertifikasi pelatih futsal level 1 nasional. Program berlangsung di d’GROOVE Futsal, Bandung, dari hari Rabu (9/11) sampai hari Minggu (9/15).

Peserta program sertifikasi berjumlah 25 orang, berasal dari seluruh Indonesia, bahkan sampai Papua. Di antara peserta, terlihat pelatih yang tengah melatih klub profesional: Bonsu Hasibuan (Anker FC), Asep Koswara dan Bisuk A. Renato (FC Libido).

Istruktur program sertifikasi adalah Zainal Abidin. Materi yang diberikan di antaranya: teknik dasar, law of the game, dan nutrisi. Teknik dasar yang diberikan termasuk pemanasan, pendinginan, dribbling, passing, shooting, defending play, goal keeping, dan basic rotation. “Banyak pelatih potensial, tapi kalau digali bisa lebih baik lagi”, ujar Zainal Abidin.

Respon dari peserta mengenai program ini baik. Menurut Bisuk A. Renato, materi yang paling menarik adalah law of the game dan nutrisi. “Ada video dan contoh kasus yang membuat lebih jelas”, ujar Bisuk. Doni Zola, pelatih My Futsal, kagum melihat sebagian besar peserta merupakan pelatih berpengalaman, “sertifikasi merupakan legitimasi kami sebagai pelatih”.

Program di Bandung merupakan kelas ke-2. Sebelumnya diadakan di Lampung dengan 20 peserta. Ke depannya direncanakan akan diadakan di Tangerang, Bali, dan Yogyakarta.

About the author:

. Follow him on Twitter / Facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *