League of Change 2012

keadilan sosial bersepakbola bagi seluruh rakyat Indonesia

spanduk league of changePada tanggal 26 sampai dengan 28 Februari 2012, di Bandung diadakan kompetisi street soccer bertajuk League of Change, alias liga perubahan. League of Change kali ini mengusung tagline “keadilan sosial bersepakbola bagi seluruh rakyat Indonesia”. Berbeda dengan kompetisi street soccer pada umumnya, League of Change ditujukan untuk kaum marginal. Idenya, semua orang seharusnya bisa bermain sepakbola terlepas dari ras, tingkat ekonomi, agama, maupun atribut sosial lainnya.

League of Change bertempat di Bandung, tepatnya di Lapangan Bawet Jalan Balubur (di bawah jembatan Pasopati). Meskipun baru pertama kali diadakan, peserta League of Change berasal dari 8 provinsi di Indonesia: Jawa Barat, DKI, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Sumatra Utara, Banten, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rangkaian kompetisi League of Change dimeriahkan juga oleh Community Cup, eksebisi, lomba karaoke, free style, dan SSB anak & ibu rumah tangga. Sepakbola untuk semua ternyata tidak dibatasi oleh gender, terlihat dari kaum wanita yang tidak kalah antusias dalam mengikuti SSB ibu rumah tangga. “Biasa bapak main bola, ibu mengepel lantai, sekarang ibu yang main bola dan bapak nya mengepel lantai”, seloroh MC ketika petugas mengepel lantai lapangan street soccer yang memang basah dikarenakan percikan air hujan.

Kami berkesempatan berbincang dengan Bogiem, a.k.a. Gimgim Sofyan, ketua panitia League of Change. Bogiem menjelaskan kalau League of Change merupakan ajang seleksi pemain untuk tim yang akan mewakili Indonesia di HWC (Homeless World Cup) 2012. Dari semua pemain di League of Change, akan diseleksi 8 orang sebagai bagian dari tim yang akan dikirim ke HWC 2012 di Meksiko. HWC sendiri merupakan pertandingan yang bergengsi, melibatkan 64 negara dengan isu sosial masing-masing.

piala juara league of change

Jika Anda mengikuti berita HWC 2011, tentunya familiar dengan Rumah Cemara, tim yang mewakili Indonesia di HWC 2011 sekaligus national organizer yang ditunjuk oleh HWC untuk Indonesia. League of Change merupakan inisiatif dari Rumah Cemara, dengan harapan ada tim yang lebih baik dari 2011, mengingat pada tahun 2011 hanya melibatkan pemain dari Jawa Barat dan DKI Jakarta. Rencananya, League of Change akan diadakan rutin setiap tahun, bahkan ingin melibatkan seluruh propinsi di Indonesia. Maju terus Indonesia, semoga meraih hasil terbaik di Homeless World Cup 2012! (cs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *