Perjalanan Timnas HWC 2013 #2

Homeless World Cup pertama kali digelar pada tahun 2003 silam dan sudah memberikan kesempatan untuk merubah hidup kepada ribuan orang.

Dalam pertandingan Homeless World Cup 2013 di Danau Malta, Poznan, Polandia, kali ini. Indonesia setelah menjadi juara Grup G pada tahap kualifikasi, masuk ke Grup D di tahap dua. Panitia membagi 8 grup dengan huruf.

Huruf A-D untuk tim dengan rangking 1-3 di masing-masing grup pada babak awal kualifikasi. Sementara grup E-H berisi tim-tim dengan rangking 4-6. Grup D ini, mempertemukan Indonesia dengan Russia, Polandia, Lithuania, Itali, dan Costa Rica

Lawan pertama Indonesia dalam Grup D adalah Lithuania. Ujang Yakub dan kawan-kawannya berhasil mengalahkan Lithuania 9-3 (5-1), pada Rabu (14/8).

Kemenangan ini tidak lepas dari pembenahan yang dilakukan oleh pelatih Bonsu Hasibuan. Menurunkan Dimas, Nico Pernando, Sendi, dan Ujang Yakub pada posisi kiper, tim Indonesia langsung menekan. Mereka tidak mau kecolongan di menit-menit awal sehingga langsung berupaya menyerang.

Tendangan para pemain Indonesia sempat tiga kali membentur tiang. Dimas yang bermain di bagian depan bersama Nico berkali-kali saling mengoperkan bola sehingga bisa membuka ruang untuk melepaskan tembakan ke arah gawang. Strategi itu berjalan efektif.

Untuk pertandingan selanjutnya, Pelatih Bonsu Hasibuan berharap agar pemain timnas tetap konsisten dalam menyerang dan bertahan sekaligus. Meski terbilang baik dalam serangan, sakan percuma apabila tidak bisa melakukan tekanan sejak dari garis pertahanan.

Pada Kamis (15/8), Timnas Indonesia gagal merebut kemenangan keduanya dalam babak kualifikasi tahap II di Grup D Homeless World Cup 2013. Rusia unggul dengan skor 6-4 (2-4). Dalam pertandingan melawan Rusia kali ini, timnas Indonesia tanpa kurang maksimal dalam mengontrol bola. Pun, timnas kurang memanfaatkan lebarnya ruang kosong.

Awal pertandingan, timnas masih bisa menguasai bola. Sayangnya, babak kedua, timnas mencoba melakukan tembakan langsung ke gawang Russia. Bukan gol bertambah tapi malah timnas Indonesia dibuat repot oleh mental pemain Russia.

Pelatih Bonsu berharap para pemain untuk sering berkomunikasi satu dengan yang lainnya.
“Kalau ada masalah atau beban pikiran, bagikan dengan teman yang lain. Kalian itu bermain bersama di lapangan, jangan jadi beban. Karena permainan itu harus menyenangkan dan kalian menikmatinya,” papar Bonsu.

Selanjutnya, Tim Indonesia masih akan melakukan pertandingan melawan Costa Rica, Polandia, dan Italia. Mari kita beri dukungan. Ayo! Kalian bisa Timnas HWC 2013.(@indraswariagnes)

(Sumber: Adi Marsiela)

About the author:

. Follow him on Twitter / Facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *